This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Get ready to thinkless and make beauty easy again

Kesalahan saat pertama kali mulai pakai skincare!

1. Overwashing

Perlukah double cleansing setiap saat? Pada beberapa kulit, double cleansing mungkin diperlukan, terutama mereka yang seringkali menggunakan make up. Sebelumnya, double cleansing adalah saat kalian menggunakan 2 macam tipe cleanser untuk membersihkan kulit wajah kalian. Namun, double cleansing mungkin malah mengakibatkan kulit kehilangan pelembab natural yang berfungsi sebagai barrier.

Selain itu, cleansers seringkali mengandung deterjen yang tidak jarang mengandung sulfat atau alkalin, sehingga mengganggu skin barrier.

2. Pelembab

Oily skin ga butuh pelembab? Hal yang masih disalahartikan oleh kebanyakan orang. Kulit berminyak terutama yang menggunakan treatment jerawat, eksfoliasi rutin, atau menggunakan retinoid rutin mungkin butuh pelembab untuk membantu menjaga skin barrier.

Tapi kalau pakai pelembab kulitku makin berminyak. Aku harus bagaimana? Bisa cari pelembab yang memiliki tekstur gel, ringan, dan oil-free. Psst. kamu bisa skip hydrating toner kok.

3. Obat jerawat berlebihan

Pengobatan jerawat/spot treatment mungkin sangat cepat menghilangkan jerawat, namun apabila digunakan secara rutin, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan skin barrier, mengakibatkan kerusakan kulit dan menimbulkan masalah baru.

Hati-hati menggunakan retinoid dan eksfoliasi (AHA BHA) secara bersamaan. Mulai dari 2-3x seminggu lalu tingkatkan secara perlahan konsentrasi dan frekuensi sesuai toleransi kulitmu.

4. Terlalu cepat ganti skincare

Beberapa dari kalian tidak sadar bahwa kalian terlalu sering gonta-ganti skincare di kulit kalian. Terlalu cepat mengganti skincare mengakibatkan:

  • Tidak memberikan waktu untuk produk skincare kamu untuk bekerja maksimal.
  • Meningkatkan risiko alergi dan sensitisasi terhadap skincare, formula, atau bahkan ingredients.
  • Meningkatkan kemungkinan reaksi antar satu skincare dengan yang lainnya.

5. Over eksfoliasi

Exfoliant merupakan salah satu rutinitas yang baik digunakan, dan disarankan untuk mengelupas sel kulit mati, membebaskan pori-pori, mengatasi bercak coklat kehitaman (hiperpigmentasi), namun apabila tidak dilakukan dengan benar maka dapat mengakibatkan kerusakan barrier  dari wajah. 

6. Skip sunscreen

Lagi dan lagi, sunscreen. Satu produk yang sederhana dapat menjaga kulit dengan sangat baik. Beberapa misinterpretasi dari penggunaan sunscreen dapat menutup pori-pori dan membuat jerawat. Sunscreen melindungi kulit wajah dari kanker kulit, penuaan dini, keriput, dark spot, juga terhadap jerawat.

Jadi, jangan lupa pakai sunscreen ya!